Review Webinar - Sistem Multimedia
Nama : Malik Bayu Aji
Nim : 19.01.013.007
Mata Kuliah : Sistem Multimedia
Dosen Pengampu : Nawassyarif, S.Kom, M.Pd
Link And Match dalam Pendidikan Vokasi
SMK-SMK dan kampus kampus vokasi serta Lembaga pelatihan keterampilan di Indonesia harus menjaling Kerjasama dengan Industri atau dunia kerja. Dengan demikian akan mengurangi tingkat pengangguran siswa yang lulus dari dunia Pendidikan.
Bidang prioritas pengembangan Vokasi
Ada 4 bidang pekerjaan yang menjadi fokus pengembangan :
1. -Machinery and Construction, seperti Teknik mesin, Pengelasan, Otomasi Industri, Mekatronika, Otomotif alat berat, dan sebagainya.
2. -Creative Economy, rekayasa perangkat Lunak, Animasi, desain komunikasi visual, Multimedia, Tata busana.
3. -Hospitality, Perhotelan, tata boga, Agribisnis pengolahan pertanian, Tata kecantikan kulit dan rambut, Bisnis daring dan Pemasaran, Retail
4. -Care Service, Perawatan Balita, Asisten rumah tangga, perawatan lansia.
Proses dari aktivitas riset
1. 1. Invention Check, yakni mengecek apakah ide kita sudah ada yang membuat
2. 2. Proposal untuk pendanaan, mencari investor yang ingin mendanai riset dan temuan kita
3. 3. Mendaftarkan Paten, untuk melindungi fungsi dari temuan kita
4. 4. Kemungkinan untuk perlindungan invention.
5. 5. Riset
6. 6. Startup
Tingkat kesiapan Teknologi
Riset terapan yang ada di Indonesia berada pada tingkatan 5-7 yakni Validasi teknologi pada lingkungan yang relevan, Uji coba pada lingkungan yang relevan dan uji coba pada lingkungan yang operasional.
Ada 9 bidang startup yang ada di Indonesia, yakni :
1. Bidang Pangan
2. Kesehatan dan obat
3. Energi
4. Transportasi
5. Pertahanan dan Keamanan
6. Teknologi informasi dan komunikasi
7. Bahan Baku
8. Material Maju
9. Maritim.
Tipe tipe pendanaan Startup
- 1. Bootstrapping : 0-500 juta
Dimana melakukan protyping dan pengujian validasi produk.
2. Seed fund : 500 juta – 2 miliar
Meyakinkan investor untuk invest ke startup kita.
3. Seri A : 2 – 15 miliar
- Seri B : 15-100 miliar
- Seri C/D/E/f : 100 miliar keatas
Startup sering mati atau gagal di tahun ke 3 (mengalami Death Valley) karena kurangnya pendanaan, ini sangat sering terjadi karena startup tidak memiliki Venture Capitals atau Investors, karena pada dasarnya Startup itu membutuhkan waktu setidaknya 8 tahun agar meraup keuntungan..
Startups
Invention dan innovation, terdiri dari sekitar 5000 lebih startup dari kampus, swasta, BUMN dan lainnya.
Incubators
Tempat dimana bootstrapping dilakukan, Incubators juga bisa memberikan funding atau pendanaan terhadap startup.
Accelerators
Tidak hanya sekedar menerima startup, tetapi juga menjembatani Incubators hingga menjadi perusahaan.
Technopark
Kolaborasi antara startups, incubator, industry dan pemerintah.
Venture Capitals
Pengusaha yang berinvestasi ke startup dengan jangka waktu lama sekitar 8 tahun.
Pekerjaan yang sangat dibutuhkan di Indonesia adalah pekerjaan yang menggunakan deep learning, block chain, robotika, bitcoin, virtual reality dan masih banyak lagi.
Multimedia kreatif menumbuhkan segmen baru trend aplikasi di Indonesia seperti Aplikasi yang menggunakan virtual reality dan augmented reality, Contoh aplikasinya adalah belajar Bahasa isyarat dengan menggunakan virtual reality, aplikasi virtual gamelan. Contoh aplikasi yang menggunakan Artificial intelligence adalah aplikasi belajar Bahasa inggris, dimana pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasinya secara langsung.
Hal ini juga harus mendapat dukungan seperti lengkapnya alat alat yang ada, karena dalam penerapannya membutuhkan hardware yang lumayan mahal seperti alat motion capture yang digunakan untuk menangkap Gerakan dari dunia nyata kedalam software komputer.
Video 2
Era sekarang adalah era yang sangat luar biasa, karena Pemudanya sudah mengenal teknologi sejak dini.
Karakter umum generasi di era ini :
1. No Gadget, No Life
2. Suka yang Praktis
3. Multitasking
4. Distraction
5. Berorientasi Passion
6. Mudah terkena wave (isu/trend tertentu)
7. “Cool” lebih penting dari apapun
8. Multi personality (tergantung media yang digunakan)
Ekonomi kreatif
Ada 16 subsector ekonomi kreatif yang ada di Indonesia, yakni
1. aplikasi dan game
2. arsitekktur
3. Desain interior
4. Desain komunikasi
5. Desain produk
6. Fashion
7. Film, animasi dan video
8. Fotografi
9. Kriya
10. Kuliner
11. Music
12. Penerbitan
13. Periklanan
14. Seni pertunjukaaan
15. Seni rupa
16. Televise dan radio
Contoh :
· Film “filosofi kopi” = tren Kafe=industry kopi=petani kopi
· Film “5 cm” = tren pencinta alam (bisnis fashion pendaki, wisata alam, travel, jasa guide dll)
4 aktor yang bekerja secara langsung :
1. pemerintah
2. komunitas
3. akademisi
4. bisnis (pelakubisnis)
5 tahapan proses :
1. kreasi
2. produksi
3. distribusi
4. konsumsi
5. konservasi
5 profesi impian generasi milenial Indonesia :
1. youtuber
2. fashion blogger
3. barista
4. Traveler
5. Start up
Audio visual : kumpulan gambar yang bergerak dan bersuara
Jenis jenis karya audio visual yakni, Film Fiksi, Film documenter, Berita, Features, Iklan, Company profile, Video pariwisata, Wedding, Dokumentasi event, Instsgram story, Program acara tv, Vlog, Video clip.
Audio visual adalah gabungan dari beberapa seni, seperti seni sastra seni drama seni rupa seni arsitektur seni suara seni music.
unsur unsur yang ada di film
Naratif:
1. tokoh
2. konflik
3. lokasi
4. waktu, dll
Sinematik :
1. Mise en scene : segala hal yang berada didepan kamera
2. Sinematografi : perlakuan terhadap kamera dan filmmnya, serta hubungan kamera dengan objek yang diambil.
3. Editing : proses pengorganisasian gambar (shot) ke gambar (shot) lainnya.
4. Suara : segala hal dalam film yang mampu kita tangkap melalu panca indra.
Dalam membuat cerita ada struktur 3 babak
1. Permulaan : aspek ruang dan waktu para pelaku masalah
2. Pertengahan : konflik, konfrontasi, pengembangan masalah
3. Penutupan : resolusi, tujuan konklusi.
Proses produksi video kreatif
1. Langkah produksi
-membuat tim produksi
-riset
-marketing brief
-creative brief
-treatmen/shotlist
-script/storyboard
-pitching
-editing
-publikasi
2. tim produksi
-tim riset
-scriptwiters
-produser
-sutradara
-DOP(director of photography)
-artistik
-sound dan music illustrator
-editor
3. langkah riset
-pustaka
-lokasi
-video sebelumnya
-wawancara
-dll
Ciri-ciri ide menarik :
1. baru : orang ngeliatnya baru
2. segar : sesuatu yang membuat orang tertarik untuk menonton
3. berbeda : keluar dari jalur kebiasaan
4. surprise
Tips video menarik :
1. Hey, You, See, So.
Hey : diawal video harus semenarik mungkin
You : sesekali memposisikan diri sebagai penonton
See : sesuatu dengan mudah dan gampang dipahami
So : film harus punya nilai atau pesan yang berhasi ditangkap, atau yang menarik
2. story board
Dalam dunia visual, dibuat setelah membuat skenario agar memudahkan proses produksi
Produksi:
Hal-hal yang harus diperhatikan :
1. buat jadwal produksi yang disepakati bersama
2. tim produksi kondusif dan kompak
3. peralatan produksi berfusngsi semua
4. produksi dikerjakan sesuai rencana
Pasca produksi
Software:
Adobe premiere
After effects
Adobe audition
“ A FOUNDATION OF A GOOD FILM IS A GOOD FAMILY”
Video 3
Tujuan Pendidikan nasional yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehatm berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
1. Tren pembelajaran daring dan tantangannya.
- Yang sedang menjadi tren dalam Pendidikan kita saat ini yaitu “pembelajaran Daring” (pembelajaran dalam jaringan)
- Tren teknologi dalam pembelajaran daring, kita mengenal adanya:
1. Learning managemen system : bagaimana dosen mengoranisasikan semua kegiatan pembelajaran dalam satu sistem (kuis, kuliah, dll)
Contoh : classroom, edlink, dll.
2. Video conference : software yang digunakan untuk bertatap muka. Misalnya : google meet, zoom, skype.
3. Assessment tools : digunakan untuk penilaian.
4. Platform multimedia : digunakan untuk menyampaikan materi berbentuk video atau yang lainnya. Contoh : youtube, videoscribe ( digunakan untuk membuat video animasi )
Sinkronous
1. Langsung : belajar pada waktu dan lokasi yang sama. Kegiatannya berupa : ceramah, diskusi, praktek, workshop, seminar, praktik lab, proyek individu/kelompok.
2. Maya : belajar waktu yang sama tetapi pada tempat yang berbeda. Kegiatannya berupa : video konferensi, web based seminar (webinar)
Asinkronous
1. Mandiri : belajar kapan saja, dimana saja, tentang apa saja tanpa orang lain. Kegiatannya berupa : membaca, menonton, mendengar, studi online, simulasi/praktek, Latihan, tes.
2. Kolaboratif : belajar kapan saja, dimana saja, tentang apa saja dengan siapapun. Kegiatannya berupa : partisipasi aktif dalam diskusi melalui forum. Mengerjakan tugas kelompok melalui penugasan online, dan publikasi tugas kelompok.
Blended learning
Merupakan bentuk sistem pembelajaran yang mengkombinasikan secara tepat antara strategi pembelajaran sinkronous dan asinkronous.
Tantangan Pembelajaran online :
1. Infrastruktur
2. Fasilitas
3. Pengguna
4. Kurikulum yang perlu diadaptasi
Produksi Video pembelajaran dengan power point
Cara membuat video :
1. Membuat teks materi pembelajaran
2. Shooting video penjelasan materi
3. Menggabungkan teks materi dengan video penjelasan
4. Menyimpan powerpoint dalam bentuk video.
Produksi video pembelajaran dengan Filmora
Video filmora : lebih baik daripada menggunakan kinemaster di hp, karena kinemaster hanya tersedia di Handphone
Hal yang penting pengambilan video
Mengenal Green screen merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai backdrop saat proses syuting, sehingga background digital dengan memberi efek visual sesuai konsep yang diinginkan. Lighting , dalam shooting atau fotografi pencahayaan adalah salah satu aspek penting untuk menghesailkan gambar yang bagus.
Cara hemat untuk menggunakan green screen
1. Beli kain hijau, permeternya seharga 50 ribu.
2. Melakukan pengambilan gambar di luar ruangan dengan cahaya matahari di pagi hari
Kamera ponsel vs kamera DSLR
Perbedaan terbesar antara DSLR dan Ponsel adalah ukuran sensor, tentu di smartphone kita tak akan bisa menemukan ukuran sensor yang besar karena ukuran smartphone memang kecil. Sensor ini memiliki tugas untuk menangkap cahaya yang masuk melalui lensa. Jadi, semakin besar sensornya, makin banyak cahaya yang masuk. Semakin banyak cahaya yang masuk pada, maka semakin detail dan bagus foto yang di dapat. Jika menggunakan smartphone, kita harus memaksimalkan kamera smartphone dengan melakukan pengambilan gambar di tempat cahaya yang cukup terang, agar menghindari noise.
Cara membuat video :
1. Membuat materi pembelajaran di powerpoint untuk memudahkan.
2. Pengambilan video penjelasan materi
3. Menggabungkan teks materi power point dengan video penjelasan melalui software video editing
4. Ekspor video.
ViVideo 4
Mengapa multimedia?
1. Mengubah tempat kerja (bisa dengan daring)
2. Mengubah cara belanja (homeshopping)
3. Mengubah cara bisnis (E-Banking)
4. Mengubah cara memperoleh info (E-newspaper)
5. Mengubah cara belajar (e-book)
6. Internet multimedia sudah bersaing dengan televisi.
Elemen dasar multimedia
Dinamis :
- Video, animasi dan audio
Statis :
- Teks dan grafis atau gambar.
Jika animasi sudah menjadi sebuah product maka akan berbeda nama misa, animasi Battle of Surabaya disebut dengan film dengan genre animasi.
Dalam multimedia ada pembuatan koding, algoritma, pemrograman, matematika, statistik, anatomi, fisika, geografi, dan lain lain.
Animasi adalah ilusi objek yang dibuat dari gambar statis yang ditampilkan secara berurutan. Pada video, animasi merancu pada Teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah.
Ada 2 jenis animasi, yakni 2D dan 3D. dimana 2D menggunakan 2 aksis sudut pandang yakni x, dan y. Sedangkan 3D menggunakan 3 aksis sudut pandang yakni x, y, dan z.
Teknik pembuatan animasi ada 2
1. Frame by frame
Pembuatan animasi ini dibuat dengan menciptakan gambar gamar yang berubah secara halus (perubahan dengan sedikit demi sedikit) mengikuti pola penyajian gambar pada kamera yaitu 24fps (semakin tinggi fps maka semakin halus)
2. Keyframe
Untuk pembuatan animasi ini, animator cukup menandai posisi awal dan posisi pergantian Gerakan dan posisi akhir Gerakan ditandai secara otomatis oleh komputer.
Dalam pembuatan animasi harus memperhatikan software, hardware, tools, object 2d dan 3d, dan juga device yang digunakan. Penggunaan hukum fisika dalam sebuah animasi akan memberikan efek yang lebih realistic.
Jenis jenis animasi
1. Cel
2. Frame
3. Sprite
4. Path
5. Spline
6. Vector
7. Karakter
level multimedia
1.content (media) : hanya kontennya saja / animasi itu hanya kontennya saja
2. software : menggunakan software
3. hardware : Jika ingin menampilkan di internet, menggunakan hardware
4. networking : agar iklan tersebut dapat dinikmati oleh orang banyak
User interface dan user experience
Didalam content
Animasi 2d,2.5, 3d (framerate, keyframe, rigging, pembuatan karakter, motion, visual effect, mapping), video (formatting, composite, editing, retouching, kompresi).
Hardware
Sangat penting dalam pembuatan animasi agar kecepatan rendering animasi lebih optimal. Dan dalam pembuatan animasi juga membutuhkan sensor seperti giroskop, fototransistor dan proximity.
Proyek multimedia saat ini
Motion tracking, Interaksi aplikasi Augmented reality, 3d capture device, fotorealistis dalam perkembangan animasi.
Karakteristik Umum Sistematis Penelitian
1. Identifikasi masalah, lalu memberikan solusinya.
2. Cara pengujian dan pengumpulan data
3. Apa yang ingin dibuktikan / analisis hasil data = misal pengujian sebuah format gambar yang ingin dijadikan animasi, lebih ringan format a atau b. disini diuji juga penggunaan memori dalam penggunaan format gambar a dan b
4. Evaluasi
Penggunaan statistik dalam evaluasi dan pengujian, karena dalam menyajikan hasil biasanya lebih mudah menyajikan dengan angka dan perbandingan.
Cara pengumpulan data dalam statistik dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya
1. Randomization atau pengambilan sampel secara acak. Misal pembuatan animasi edukasi,dalam penyampaian informasi Pendidikan atau penyampaian pesan moral. Diberikan sebuah survei kepada audiens terkait ke efektifan video tersebut dalam penyampaian sebuah informasi.
2. Replikasi, misal pembuatan animasi yang sama tapi format gambar yang berbeda, misal animasi 1 menggunakan format png, animasi 2 menggunakan format jpeg, animasi 3 menggunakan format bmp. Ketika di render, kita perbandingkan mana yang lebih bagus kualitasnya.
Komentar
Posting Komentar